Perbedaan Google doc, Google sheet, dan Google slide

1.  Google Docs

Google docs merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan Google untuk kebutuhan manajemen dokumen. Khususnya aplikasi office. Mulai dari pengolah kata (word processor), pengolah lembar kerja (spreadsheet) dan presentasi (presentation). Google Docs bukan hanya menyimpan saja, namun juga bisa digunakan untuk untuk mengolah, menyimpan, membuat, meng-edit dokumen perkantoran seperti layaknya Microsoft Office pada Windows atau Open Office pada Linux dengan secara online. Semuanya dalam satu paket dan tidak perlu menginstal di komputer. Karena sangat tangguh dan dasyat maka sering disebut aplikasi pembunuh Microsoft Office, Open Office, dan Neo Office.

Terdapat beberapa fasilitas yang dapat digunakan di google doc ini seperti :

  1. Fasilitas upload dokumen dimana fasilitas ini sama dengan open file pada Microsoft office. Jadi, jika kita ingin membuka dokumen kita pada google doc kita hanya perlu mengklik upload dan buka file yang sudah di upload.
  2. Fasilitas download dokumen dimana fasilitas ini sama dengan menyimpan file pada Microsoft office, namun bedanya kita tidak perlu mengklik save file karena google doc akan menyimpannya secara otomatis tanpa harus mengklik suatu perintah.
  3. Fasilitas See Revision History di fasilitas ini kita dapat melihat hasil pekerjaan kita sebelum di edit atau hasil awal pekerjaan kita.
  4. Sharing dan Privasy di sini kita dapat mengeshare hasil pekerjaan yang kita buat kepada teman kita dan kita dapat memberikan dua buah opsi yaitu can read (teman kita hanya bisa membaca dokumen kita) atau can edit (teman kitabisa mengedit dokumen yang kita buat).
  5. Translate dokumen, karena google doc sudah build in dengan google trnslste sehingga kita dapat menerjemaahkan dokumen yang kita buat.
  6. Bisa di akses dimama-mana, jadi kita tidak perlu membawa flashdisk atau semacamnya karena hanya dengan koneksi internet kita sudah dapat mengakses dokumen kita.

2.  Google Sheets

Google Sheets adalah sebuah aplikasi spreadsheet online yang memungkinkan Anda membuat dan Format spreadsheet dan sekaligus bekerja sama dengan orang lain.

Inilah yang dapat Anda lakukan dengan Google Sheets:

  • Impor dan mengkonversi Excel,. Csv,. Txt dan. Ods ke spreadsheet Google
  • Ekspor Excel,. Csv, txt. Dan. Data yang ods, serta PDF dan HTML file
  • Gunakan rumus editing untuk melakukan perhitungan pada data Anda, dan menggunakan format membuatnya terlihat seperti yang Anda inginkan
  • Chat in real time dengan orang lain yang mengedit spreadsheet Anda Buat grafik dengan data Anda
  • Embed spreadsheet – atau individu lembar spreadsheet Anda – di blog atau website Anda.

3.  Google Slides

Google Slides adalah sebuah aplikasi presentasi online yang memungkinkan Anda untuk memamerkan karya Anda dengan cara visual.

Inilah yang dapat Anda lakukan dengan Google Slides:

  • Membuat dan mengedit presentasi
  • Mengedit presentasi dengan teman-teman atau rekan kerja, dan berbagi dengan orang lain dengan mudah
  • Pptx dan. Pps file dan mengkonversikannya ke presentasi Google
  • Ambil presentasi Anda sebagai PDF, PPT, atau file txt.
  • Masukkan gambar dan video ke dalam presentasi Anda
  • Mempublikasikan dan menanamkan presentasi Anda dalam sebuah situs web

Tinggalkan komentar